Saat ini saya sedang melakukan development aplikasi Forum dengan menggunakan Discourse. Stack yang digunakan Discourse sangat beragam, mulai dari Backend yang menggunakan Ruby, database PostgreSQL, dan penggunaan Redis untuk session dan cache. Untuk development yang lebih terisolasi, maka solusi dengan menggunakan Docker saya rasa akan lebih baik. Namun sayangnya, petunjuk instalasi Docker pada Discourse hanya mendukung Bash, sehingga command prompt/powershell pada Windows tidak dapat digunakan (saya menggunakan windows 10 by the way). Sehingga solusi berikutnya adalah menggunakan Windows Subsystem for Linux (WSL).

Add a comment

Setahun setelah dirilisnya PHP7.3, pada 28 November 2019 PHP7.4 dirilis. Dengan dirilisinya PHP7.4 juga menandai berakhirnya dukungan terhadap PHP7.1 dan sudah waktunya anda meninggalkan sepenuhnya PHP5. Jika anda saat ini masih menggunakan PHP5 pada aplikasi baru anda, kasihan klien anda. Sebagai salah satu bahasa pemrograman yang paling banyak digunakan pada aplikasi web hadirnya PHP7.4 ini menjadi kabar baik bagi pegiat kode terutama yang menggunakan PHP. Untuk itu mari kita lihat apa saja yang baru di PHP7.4 kali ini.

Add a comment

Pada LaraconEU yang lalu Laravel 6 akhirnya dirilis. Dengan hadirnya Laravel 6 menjadi angin segar bagi pegiat kode laravel dalam meningkatkan performa aplikasi. Dan salah satu yang paling melegakan adalah Laravel 6 akhirnya mengikuti Semantic Versioning (yang nanti akan dijelaskan lebih lanjut) sehingga kita akan lebih aware terhadap pemutakhiran laravel mana yang masih Oke untuk digunakan dan mana yang Break Backward Compatibility (BBC).

Add a comment

Dart

Dart merupakan bahasa pemrograman yang digunakan dalam pengembangan aplikasi Flutter. Sehingga jika kita ingin mengembangkan aplikasi dengan Flutter maka kita harus menguasai Dart terlebih dahulu. Berhubung dalam waktu dekat saya diminta untuk mengisi materi flutter maka saya akan membuat tulisan pendahuluan terlebih dahulu pada blog ini. Tulisan ini mungkin akan dibuat berseri dan mungkin juga tidak, mengingat sudah banyak tulisan berseri yang ternyata tidak sempat saya lanjutkan. Pada tulisan ini kita akan mempelajari dasar pemrograman dart. Pada tulisan ini kita akan membahas dasar dart sehingga anda dapat dikatakan menguasai bahasa ini dalam tingkat paling fundamental, yaitu mengenai 

  1. Mengenal Dart
  2. Variabel dan Tipe Data
  3. Conditional
  4. Loop
  5. Fungsi
Add a comment