Pada tulisan kali ini saya akan membahas mengenai perbandingan antara tiga layanan cloud terbesar saat ini, yaitu Amazon Web Service (AWS), Google Cloud Platform (GCP), dan Microsoft Azure (Azure). Ketiga provider tersebut merupakan pemain besar diantara penyedia layanan cloud lainnya sehingga sangat menarik untuk dibahas. Dan kenapa saya memilih membahas layanan ini, salah satunya karena ketiga layanan tersebut menyediakan layanan trial (percobaan) bagi pengguna baru sehingga anda dapat mencoba terlebih dahulu layanan dari ketiga penyedia layanan tersebut.

Add a comment
Selengkapnya: Pilih Cloud Mana?

Sesekali dalam pengembangan perangkat lunak adalah membandingkan database di Production Server dengan Development Server. Apabila anda sudah menggunakan migration-toolyang saat ini sudah menjadi penggunaan umum di banyak framework, maka hal ini tidak menjadi masalah. Namun apabila anda masih menggunakan cara tradisional (pengubahan pada Dev tidak langsung di update pada Production) maka hal ini dapat menjadi masalah tersendiri. Terutama bila database anda memiliki banyak tabel yang sulit untuk dilihat satu persatu.

Add a comment
Selengkapnya: Membandingkan Database MySQL

Saat ini VPS semakin murah, dan dengan bertambahnya traffic dan makin bervariasi bahasa pemrograman membuat VPS menjadi salah satu alternatif yang baik dalam memilih Hosting. Dalam tulisan ini saya akan mendeskripsikan bagaimana cara melakukan setup server anda untuk dapat digunakan sebagai webserver.  Server yang digunakan dapat berupa dedicated server (DS), virtual private server (VPS), ataupun cloud virtual private server.

Add a comment
Selengkapnya: Konfigurasi MySQL

Saat ini VPS semakin murah, dan dengan bertambahnya traffic dan makin bervariasi bahasa pemrograman membuat VPS menjadi salah satu alternatif yang baik dalam memilih Hosting. Dalam tulisan ini saya akan mendeskripsikan bagaimana cara melakukan setup server anda untuk dapat digunakan sebagai webserver.  Server yang digunakan dapat berupa dedicated server (DS), virtual private server (VPS), ataupun cloud virtual private server. Pada tulisan sebelumnya kita telah membahas bagaimana melakukan Setup Server Pertama Kali, sehingga pada tulisan ini diasumsikan anda sudah menyelesaikan pengaturan awal server anda.

Add a comment
Selengkapnya: Instalasi LAMP Stack

Subkategori