Zona waktu menjadi penting untuk aplikasi anda terutama karena secara default banyak template server cloud menggunakan zona waktu USA sebagai zona waktu defaultnya. Oleh karena itu untuk memberikan pengalaman pengguna yang lebih baik maka waktu pada server anda sebaiknya disesuaikan dengan mayoritas pengguna website anda.

Add a comment
Selengkapnya: Mengubah Zona Waktu (Timezone) pada Server Linux

Menyambung tulisan sebelumnya mengenai SSL Certificates pada website anda, pada tulisan ini saya akan membagikan cara lebih mudah untuk membuat website anda lebih aman dengan SSL Certificates. Selain aman cara ini lebih murah dan tentunya hijau, yaitu memanfaatkan Let's Encrypt untuk SSL Certificates.

Add a comment
Selengkapnya: SSL Lebih Mudah (dan Murah) Dengan Let's Encrypt

Pada tulisan kali ini saya akan membahas mengenai perbandingan antara tiga layanan cloud terbesar saat ini, yaitu Amazon Web Service (AWS), Google Cloud Platform (GCP), dan Microsoft Azure (Azure). Ketiga provider tersebut merupakan pemain besar diantara penyedia layanan cloud lainnya sehingga sangat menarik untuk dibahas. Dan kenapa saya memilih membahas layanan ini, salah satunya karena ketiga layanan tersebut menyediakan layanan trial (percobaan) bagi pengguna baru sehingga anda dapat mencoba terlebih dahulu layanan dari ketiga penyedia layanan tersebut.

Add a comment
Selengkapnya: Pilih Cloud Mana?

Saat ini VPS semakin murah, dan dengan bertambahnya traffic dan makin bervariasi bahasa pemrograman membuat VPS menjadi salah satu alternatif yang baik dalam memilih Hosting. Dalam tulisan ini saya akan mendeskripsikan bagaimana cara melakukan setup server anda untuk dapat digunakan sebagai webserver.  Server yang digunakan dapat berupa dedicated server (DS), virtual private server (VPS), ataupun cloud virtual private server.

Add a comment
Selengkapnya: SSL Certificate

Subkategori