Pada 28 September 2018 lalu Kemendagri menerbitkan Surat Edaran Nomor 971-7791 Tahun 2018 tentang Petunjuk Teknis Penganggaran, Pelaksanaan, dan Penatausahaan Serta Pertanggungjawaban Dana Bantuan Operasional Sekolah Satuan Pendidikan Dasar Negeri yang Diselenggarakan oleh Kabupaten/Kota pada Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (yang selanjutnya dalam tulisan ini akan ditulis sebagai Juknis BOS Kemendagri 2018).

SE Kemendagri ini merupakan penegasan dan perubahan beberapa peraturan yang sebelumnya pernah diterbitkan Kemendagri . Penegasan dan perubahan ini dilakukan dalam rangka meningkatkan akuntabilitas dan kesederhanaan pengelolaan BOS di Pemerintah Daerah.

Add a comment
Selengkapnya: Juknis BOS Kemendagri 2018 dan Dampaknya terhadap Pelaporan BOS di Pemda

Terbitnya PP 19/2018 tentang Pemberian Tunjangan Hari Raya dalam Tahun Anggaran 2018 kepada Pegawai Negeri Sipi, Prajurit Tentara Nasional Indonesia, Anggota Kepolisian Negara Republik Indonesia, Pejabat Negara, Penerima Pensiun, dan Penerima Tunjangan memunculkan polemik di tataran Pemerintah Daerah. Salah satu yang paling mengemuka adalah Pemerintah Kota Surabaya yang sampai tulisan ini dibuat memutuskan tidak memberikan THR kepada PNS di lingkungan Pemkot Surabaya. Hal ini disebabkan karena THR untuk PNS di lingkungan Pemkot Surabaya belum dianggarkan di APBD 2018 dan tidak ada dana lain yang dapat digunakan untuk pembayaran THR tersebut.

Add a comment
Selengkapnya: Menelusuri Polemik THR ASN pada Pemerintah Daerah

Didorong oleh hasil Pemilu di Amerika yang pada prosesnya mendatangkan banyak berita yang tidak dapat dipertanggunjawabkan maka Google dan Facebook akan melakukan ban terhadap pengguna jasa iklan mereka yang memanfaatkan strategi clickbait dengan menyebarkan berita hoax. Tidak jauh berbeda dengan Amerika, di Indonesia pun banyak situs-situs berita tanpa redaksi yang jelas yang cenderung hanya mencari klik untuk mendapatkan uang dari perolehan iklan.

Add a comment
Selengkapnya: Panduan Berbagi Berita di Media Sosial

Be Good One

Kamis 22 Juni 2017 merupakan salah satu hari bersejarah bagi hidup saya. Pada hari itu, untuk pertama kalinya saya mengalami kecopetan. Barang yang hilang adalah telpon seluler saya yang saya beli jika tidak salah sekitar awal 2017 (atau akhir 2016). Lokasi kejadian pada tempat keramaian yang memang memberi peluang bagi copet untuk beraksi, yaitu Stasiun Tanah Abang.

Add a comment
Selengkapnya: Be Good One (1)

Kehadiran teknologi informasi menyebabkan terjadinya perubahan perilaku kepada penggunanya. Perubahan perilaku ini terkadang baik dan tidak jarang juga buruk, tentunya kita harus menuju perubahan ke arah yang lebih baik. Dimanapun perubahan selalu menghadirkan pertentangan, hal ini terjadi karena tidak sedikit yang mulai nyaman dengan pola yang ada, sebaik apapun tujuan yang dibuat orang-orang yang mulai nyaman ini akan sulit diubah dan tidak jarang menunjukkan penolakan/resistensi. Dalam tulisan ini, saya ingin sedikit bercerita penerapan aplikasi baru yang coba saya terapkan di beberapa tempat dan pengalaman atas penolakan yang dimaksud. 

Add a comment
Selengkapnya: Resistensi Terhadap Teknologi Informasi
Halaman 1 dari 5