Berdasarkan wikipedia Ruby (bahasa pemrograman) adalah bahasa pemrograman dinamis berbasis skrip yang berorientasi obyek. Tujuan dari ruby adalah menggabungkan kelebihan dari semua bahasa-bahasa pemrograman skrip yang ada di dunia. Ruby ditulis dengan bahasa pemrograman C dengan kemampuan dasar seperti Perl dan Python.

Oke salah satu kekurangan dan kelebihan gw adalah suka penasaran sama hal baru, padahal yang lama belum sampai level intermediate udah penasaran sama yang baru. Dan hal baru kali ini yang ingin saya pelajari adalah Ruby, yang dibangun dari bahasa C (yang menurut banyak programmer "beneran" adalah bahasa paling dasar yang harus dipelajari oleh mereka yang ingin bergelut di OOP) dan merupakan jalan awal untuk gw mencoba Ruby On Rails salah satu framework yang dibangun di atas ruby. Dan sebagai langkah pembuka untuk belajar ruby, adalah dengan melakukan install ruby. Kenapa di windows? Karena this annoying GPTDisk yang ada di komputer gw memaksa gw g bisa make linux (yang bisa ngehapus windows asli bawaan yang ada di HDnya). Baiklah mari kita mulai! 

Step 1 Download dan Install Ruby and Ruby DevKit

Langkah pertama sebelum melakukan installasi ruby pada windows adalah langsung download paket instalasi ruby yang dapat diperoleh dari http://rubyinstaller.org/downloads/ sesuai dengan versi windows yang anda punya. Untuk instalasi ruby, anda sudah dimudahkan dengan one click installer yang sudah disediakan dalam web tersebut. Saya sarankan untuk ruby buatlah folder yang tidak terlalu dalam dengan menghindari penggunaan spasi dan tanda baca pada folder installasi dari ruby. Namun untuk ruby devkit anda juga perlu melakukan tahap selanjutnya setelah melakukan ekstrak paket devkit.

Mulai saat ini kita kondisikan path untuk ruby dan ruby devkit seperti berikut:

Ruby Installation Path <RUBY_INSTALL_DIR>
Ruby DevKit Installation Path <DEVKIT_INSTALL_DIR>

STEP 2 Tambahkan Ruby dalam path system variables

Langkah ke-2 setelah ekstraks dan install ruby, maka kita perlu menambahkan path ruby ke dalam environtment variables dengan cara buka Control Panel->System->Advanced System Setting->Environtment Variables... Pada System Variables tambahkan <RUBY_INSTALL_DIR> pada PATH. Untuk melakukan uji coba apakah ruby telah terinstall dengan baik maka buka command promt dan ketik 

{code class="brush: cpp;"} ruby -v {/code}

STEP 3 Jalankan Installation Script Ruby DevKit

Untuk menjalankan script ruby devkit maka buka command promt dan arahkan folder kerja kita ke folder <DEVKIT_INSTALL_DIR> dengan cara CD pada command promt.

 

{code class="brush: cpp;"} cd /d <DEVKIT_INSTALL_DIR> {/code}

Setelah itu jalankan dk.rb untuk menggenerate config.yml yang merupakan konfigurasi folder induk dari ruby.

{code class="brush: cpp;"} ruby dk.rb init {/code}

Dan silahkan edit config.yml untuk menyesuaikan apakah sudah benar dan sesuai dengan <RUBY_INSTALL_DIR> jika sudah sesuai abaikan perubahan tersebut. Setelah itu jalankan install dk.rb untuk melakukan installasi devkit pada ruby yang ada di komputer kita.

{code class="brush: cpp;"} ruby dk.rb install {/code}

Anda mungkin perlu menambahkan command --force apabila terjadi error pada proses instalasi.

STEP 4 Test Installation

Langkah terakhir untuk menguji coba apakah instalasi ruby dan devkit sudah berhasil adalah dengan menginstall JSON dan melakukan test apakah JSON yang kita install sudah berjalan dengan melakukan command dibawah ini secara berurutan.

{code class="brush: cpp;"} gem install json --platform=ruby 
ruby -rubygems -e "require 'json'; puts JSON.load('[42]').inspect" {/code}

And voila, selesai sudah proses install ruby dan ruby development kit.


Demikian tutorial singkat mengenai cara installasi Ruby pada windows, semoga bermanfaat Keep posting and Keep Blogwalking kawan-kawan. Oke gw mau lanjut belajar buat UTS lagi.. 


 

Sumber:

http://id.wikipedia.org/wiki/Ruby_%28bahasa_pemrograman%29

https://github.com/oneclick/rubyinstaller/wiki