Baiklah, sesuai tulisan saya sebelumnya bahwa sepertinya masuk ke level expert akan sulit untuk digapai mengingat rasa penasaran pada hal-hal yang baru. Belum juga menguasai ruby, akhirnya pada tulisan ini saya tertarik untuk mendalami python dan salah satu frameworknya yang paling sering direkomendasikan di www.quora.com yaitu Django. Sehingga tulisan ini sendiri akan berisi cara instalasi python dan django di laptop windows anda (mengingat gpt disk dan linux partition yang masih membuat saya takut kehilangan recovery partition windows.)

Menurut wikipedia python adalah bahasa pemrograman dengan filosofi perancangan yang berfokus pada tingkat keterbacaan kode. Python diklaim sebagai bahasa yang menggabungkan kapabilitas, kemampuan, dengan sintaksis kode yang sangat jelas, dan dilengkapi dengan fungsionalitas pustaka standar yang besar serta komprehensif.

 

Resep

  1. Internet Connection
  2. Python 2.7.11
  3. Django 1.8.7
  4. Windows 10
  5. Command Prompt

Baiklah disini saya menggunakan python 2.7.11 dan Django 1.8.7. Beberapa code mungkin perlu sedikit modifikasi ketika diterapkan pada python 3. Sehingga untuk menggunakan tutorial ini anda direkomendasikan menggunakan resep yang saya gunakan.

Instalasi Python

Lakukan instalasi python dengan melakukan klik pada setup python 2.7 yang sudah anda download sebelumnya. Dan jangan lupa untuk mencentang "add Python to System Environment variable". Apabila anda lupa melakukannya maka tambahkan PATH secara manual pada environment variables dengan cara Klik kanan pada my computer-> klik advanced system setting-> environment variable -> system variables -> Path. Tambahkan direktori python 2.7 dan script python 2.7 pada system variables. C:\Python27;C:\Python27\Scripts;".

 python --version 

Import Django

Ekstrak file django yang sudah kita download tadi ke path tertentu, sebagai contoh disini saya melakukan ekstrak ke direktori E:\django\ kemudian lakukan proses instalasi django (masih melalui command prompt) dengan cara masuk ke direktori django

 cd /d E:\django\ 

kemudian lakukan instalasi django

 python setup.py install  

Kemudian proses ini diakhiri dengan import django pada python

 python 
import django

New Django Project

Di dalam django ada yang disebut dengan project dan ada pula yang disebut dengan app. Secara mudahnya dengan menganalogikan dengan framework yii yang lebih dahulu saya gunakan, project adalah satu kesatuan web yang kita buat. Sedangkan app secara mudahnya dapat dianalogikan selaiknya modul-modul dalam web app kita. Jadi satu web project terdiri dari beberapa modul/app.

Oke sebelum membuat project ada baiknya kita membuat folder tertentu tempat kita meletakkan projects kita. Dalam hal ini saya menggunakan folder dengan nama proyek. Kemudian masuk kedalam folder project kita melalui command prompt.

 cd /d E:\django\project\ 

Kemudian mulai membuat project baru kita dalam hal ini saya menamakannya belajararief

 django-admin startproject belajararief 

Setelah itu anda akan menemukan folder baru didalam folder project dengan nama project yang baru saja anda buat. Pengembangan web dengan django menggunakan mekanisme server yang agak berbeda dari wamp server yang biasa saya gunakan. Jika biasanya kita memiliki folder terntentu untuk CGI aplikasi (wamp\www\) di python folder tidak terbatas pada folder tertentu tapi dapat dijalankan langsung ditiap project. Maka untuk mengaktifkan server kita masuk ke folder belajararief melalui commandprompt dan jalankan baris berikut ini.

 python manage.py runserver 8000

And voila maka anda dapt membuka server project baru anda melalui browser melalui http://localhost:8000/ dan inilah webapp django anda.

Oke demikian penjelasan singkat mengenai instalasi python dan django di windows. Semoga berguna, terus berbagi dan selamat blogwalking kawan.


 

Sumber:

http://www.djangobook.com

http://www.tangowithdjango.com

http://fatkhanfauzi.com/python-and-django-installation-on-windows-environment/